Total Tayangan Halaman

Senin, 18 Oktober 2010

TUGAS 2 TEORI ORGANISASI UMUM

TUGAS 2

1. Jelaskan ruang lingkup ORMET
Jawab: Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang telah ditetapkan. Dimana ruang lingkupnya terdiri dari analisis organisasi, komunikasi dalam organisasi, tata kerja, tata aliran&system, pendayagunaan mesin kantor, pentingnya tata ruang kantor&penyusunan perencanaan, serta kesimpulan akhir.

2. Mengapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?
Jawab: Karena uang dianggap sebagian besar pekerja sebagai sebuah pencapaian kerja dan sebagai penghargaan untuk mereka agar lebih terdorong lagi untuk lebih rajin bekerja

3. Apa sebab timbulnya organisasi informal?
Jawab: Organisasi ini sebenarnya terbentuk tanpa disadari sepenuhnya, tujuan tidak jelas, anggaran dasar serta anggaran rumah tangga tidak ada, nubungan terjalin secara pribadi.

4. Apa yang dimaksud dengan ‘Jendela Johari’?
Jawab: Jendela Johari (Johari Window) adalah konsep komunikasi yang diperkenalkan oleh Joseph Luth dan Harry Ingram (karenanya disebut Johari). Jendela Johari pada dasarnya menggambarkan tingkat saling pengertian antarorang yang berinteraksi. Menurutnya ada 4 kategori, yakni
1) area terbuka (open area) di mana orang lain lain mengetahui apa yang saya juga ketahui tentang diri saya,
2) area buta (blind area) di mana orang lain mengetahui sesuatu pada diri saya yang saya sendiri tidak mengetahui,
3) area tertutup (hidden area) di mana orang lain tidak mengetahui sesuatu yang hanya saya sendiri yang mengetahui dan
4) area tidak diketahui (unknown area) di mana orang lain dan saya juga tidak mengetahui apa yang sebetulnya ada pada diri saya.

1 komentar: