Total Tayangan Halaman

Selasa, 04 Oktober 2011

HARD DISPLAY DAN SOFT DISPLAY

Pada sebuah komputer terdapat komponen-komponen pokok pada hardware-nya, antara lain: Input, Pemrosesan (CPU), Penyimpanan, dan Output. Pada kali ini kita akan membahas Output Device nya.

 OUTPUT DEVICE
Output device adalah peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Ouput yang dihasilkan dari pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 3 bentuk : tulisan, image, suara.
Alat keluaran berbentuk :
- hard display / hard copy device
- soft display / soft copy device

1. HARD DISPLAY
Merupakan alat keluaran yg digunakan untuk mencetak tulisan, grafik atau gambar pada media pencetak. Alat hard display yang umum dipergunakan adalah printer. Jenis-jenis printer meliputi dot matrix, inkjet printer dan laser. Selain itu juga dikenal Plotter, alat cetak yang mempunyai kemampuan mencetak grafik atau gambar dengan baik, biasanya menggunakan pen plotter.

a. Printer Dot-Matrix



Dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170

b. Ink-Jet


contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet.










c. Plotter



Plotter digunakan untuk mencetak gambar ukuran yang cukup besar, seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan. 





2. SOFT DISPLAY

Merupakan alat yg digunakan untuk menampilkan tulisan, image dan suara pada media soft (lunak) yg berupa sinyal elektronik. Contoh soft display adalah video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Dispaly), dan speaker.

a. Speaker

Spaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

b. Monitor
Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah:
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.  

(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.  

(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA  

(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.  

(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan 

Cathode Ray Tubes (CRT)


Raster Cathode Ray Tubes (CRTs) Alat display yang paling umum:
- Capable of high resolution.
Good colour delity.
-   High contrast (100:1).
-   High update rates.
Berkas elektron di-scan dalam pola yang reguler dari horisontal scanlines. Raster citra disimpan dalam suatu bingkai/frame buffer. Frame buffer terdiri atas VRAM (Video RAM).
VRAM adalah memori dual-port yang memiliki kemampuan
Random access
- Keluaran serial kecepatan tinggi yang simultan/serentak: shift register built-in yang serial dapat mengeluarkan keseluruhan scanline pada tingkat rata-rata yang tinggi yang disamakan dengan pixel clock.
-   Intensitas dari berkas elektron dimodifikasi oleh nilai pixel.
Burst-mode DRAM menggantikan VRAM dalam banyak sistem.
- Warna CRT mempunyai tiga perbedaan warna dari fosfor dan tiga elektron guns yang berdiri sendiri.
-   Shadow Mask mengizinkan masing-masing Gun untuk menyinari/menyoroti hanya satu warna dari fosfor.

Warna ditentukan pula oleh
-   Secara Langsung, menggunakan tiga saluran intensitas yang berdiri sendiri , atau
-   Secara tidak langsung, menggunakan suatu Colour Lookup Table (LUT).

Frame Buffer yang canggih mengizinkan penentuan tiga warna yang berbeda untuk bagian-bagian yang berbeda dari frame buffer. Penggunaan suatu jendela identifikasi juga disimpan dalam frame buffer.

LCD (Liquid Crystal Display)  

Liquid Crystal Displays (LCDs)
-  Flat panels/Panel ceper
-  Flicker/berkedip free
-   Decreased viewing angle/mengurangi pandangan sudut

Bekerja sebagai berikut:
-  Akses yang acak ke sel seperti memori.
- Sel berisi molekul kristal cair yang lurus ketika dibebankan.
-  Molekul cahaya yang melingkar yang tidak lurus
-  Polarizing Filter mengijinkan hanya cahaya melalui molekul yang tidak lurus
-  Subpixel colour filter mask digunakan untuk RGB.

Referensi:
  1. http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/2004/51/produk/c7/c71.sgml
  2. http://ikc.depsos.go.id/umum/ibam/ibam-os-html/x6554.html
  3. Buku TIK – Jilid 1 (KTSP) : Penulis Rudi Hidayat – Penerbit Erlangga
  4. http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-hardware-perangkat-keras-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar