Total Tayangan Halaman

Sabtu, 10 Maret 2012

HARD SKILL (HANYA) SALAH SATU FAKTOR


Berbicara tentang kemampuan / skill, pada diri manusia tentu memiliki kadar yang berbeda-beda satu diantara lainnya. Kemampuan ini bisa dilatih jika ada kemampuan pada diri kita untuk memperbaiki kualitas diri. Ya mengapa saya bilang kualitas diri, sebab ketika kita memikirkan “skill”, pasti hal yang kita bayangkan adalah apa sih kemampuan diri kita? Seberapa hebat ya kemampuan diri kita dalam suatu hal?. Nah pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan menjawab sebenarnya kualitas diri kita rendah atau tinggi dalam kinerja sehari-hari.

Dalam konteks pembelajaran dikenal ada beragam jenis keterampilan dalam kurikulum yang disebut hard skills, soft skills, dan life skills. Masing-masing keterampilan ini memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan dalam kehidupan kita. Pada posting kali ini, saya akan lebih membahas tentang hardskill

Hard skill? Kemampuan yang dapat dilihat secara kasat mata. Keterampilan hardskill merupakan keterampilan dasar yang paling mudah untuk diamati, diukur, dan dilatih. Kemampuan ini bisa kita perhatikan dari seseorang yang sangat ahli dalam teknis pekerjaannya. Hardskill antara lain berbentuk ilmu pengetahuan umum, khusus, teknologi, dan model rancangan.

Hard skill / keterampilan keras mewakili persyaratan minimum yang diperlukan  untuk melakukan pekerjaan dan merupakan layar pertama yang majikan / atasan gunakan untuk mengidentifikasi pelamar kerja yang memenuhi syarat untuk posisi yang dibutuhkan. Hal ini sebagai contoh jika ada pada dalam suatu lingkup pekerjaan. Sedangkan dalam lingkup perkuliahan contoh dari hard skill misalnya dalam pencapaian nilai indeks prestasi (IP) yang tinggi, penguasaan teori serta terampil dalam mengoperasikan peralatan laboratorium dan perangkat berteknologi tinggi.

Jadi, hard skill hanyalah salah satu dari beberapa jenis keterampilan. Kelebihannya yaitu lebih mudah untuk dilatih karena hard skill termasuk kemampuan yang dapat diperhatikan dengan nyata. Maka dari itu hard skill ini pasti juga harus dilengkapi dengan keterampilan-keterampilan lainnya agar kita mendapatkan jiwa yang lebih tangguh dan mantap dalam segala hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar